Universitas Jenderal Soedirman Career Portal

UNSOED Career Portal
Saturday, 28 Sep 2024


TRACER STUDY

    Keberhasilan  lulusan  Perguruan  Tinggi  tentu  menjadi  tolak  ukur keberhasilan  Universitas  dalam  mendidik  mahasiswa-mahasiswa  untuk membentuk karakter dan keterampilan yang dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa. Dengan demikian Universitas tentu memliki tanggung jawab untuk  memfasilitasi  serta  menjembatani  lulusan-lulusan  perguruan  tinggi untuk memasuki dunia kerja. Untuk  dapat  mengukur  sejauh  mana  Universitas  berhasil  membentuk lulusan-lulusan yang dapat berguna bagi  masyarakat  perlu diadakan  Tracer Study  yang  ditujukan  kepada  stakeholder  yakni  lulusan  atau  alumni  dan perusahaan pengguna lulusan/ alumni Universitas setiap tahunnya. Hal yang akan  dibahas  dalam  Tracer  Study  meliputi  pembelajaran  selama  lulusan mengabdikan  ilmunya,  apakah  ilmu  yang  dimiliki  bermanfaat  dan  sesuai dengan  kebutuhan  masyarakat,  dan  apakah  diperlukan  ilmu-ilmu  diluar materi dari perguruan tinggi untuk menunjang performa wisudawan dalam menjalani pekerjaannya. Selain hal-hal tersebut, dengan adanya  Tracer Study Universitas juga dapat mengetahui kesuksesan wisudawan dalam karirnya, baik dari segi waktu tunggu, jenis perusahaan, status pekerjaan, jabatan serta pendapatan.

    Hasil  dari  Tracer Study  ini  akan  memberikan  manfaat  secara  langsung bagi Universitas Jenderal Soedirman karena selain menjadi  monitoring,  Tracer Study  bisa  berfungsi  sebagai  feedback  bagi  program  studi  dan  juga dapat  mengakomodasi  kebutuhan/tuntunan  masyarakat.  Selain  itu,  hasil Tracer Study    yang  dilakukan  juga  sangat  bermanfaat  bagi  setiap  Program Studi yang ada di Universitas Jenderal Soedirman sebagai penunjang dalam akreditasi.

Tujuan

Tujuan  diadakannya Tracer study adalah :

1. Mengetahui outcome pendidikan yang dihasilkan oleh Universitas Jenderal Soedirman

2. Mengetahui kontribusi perguruan tinggi kita terhadap kompetensi yang ada di dunia kerja

3. Monitoring kemampuan adaptasi lulusan perguruan tinggi ketika memasuki dunia kerja

4. Sebagai bahan evaluasi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas dimasa yang akan datang

Manfaat Tracer Kepuasan Pengguna Lulusan

Manfaat Tracer Pengguna Lulusan tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, namun memberikan informasi penting tentang hubungan dunia Pendidikan dan Dunia kerja

Survei dapat membantu mengatasi permasalahan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu dalam perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat melihat ke dalam institusi pendidikan tinggi melalui tracer kepuasan pengguna lulusan, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.
        Bagi institusi Pendidikan atau Universitas survey kepuasan pengguna lulusan dapat bermanfaat sebagai berikut.

1. Sebagai database instansi pengguna lulusan Universitas Jenderal Soedirman.

2. Sebagai masukan dan informasi pengembangan institusi

3. Sebagai bahan evaluasi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja

4. Sebagai masukan bagi perbaikan kinerja dosen dan tenaga pendukung akademik

5. Sebagai masukan bagi perbaikan kurikulum

6.Sebagai bahan untuk membangun jaringan/network dengan alumni