Universitas Jenderal Soedirman Career Portal

UNSOED Career Portal
Thursday, 04 Jul 2024

Tes Kepribadian Tahun 2019

Tes Kepribadian dan Tes Potensi Akademik | 24 Desember 2019 09:00 wib     Program yang dilaksanakan oleh Laboratorium Pengembangan Karir dan Pusat Alumni adalah tes kepribadian. Tes kepribadian yang digunakan adalah Tes Kepribadian Myers-Birggs Type Indicator (MBTI). Tes Kepribadian MBTI adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur kompetensi preferensi psikologis seseorang dalam membuat dunia dan membuat keputusan. Tes ini dilaksanakan secara online sehingga langsung diketahui hasilnya setelah peserta menyelesaikannya. Diharapkan dengan adanya tes ini, maka mahasiswa dan alumni dapat lebih mengenal dirinya sehingga dapat memilih karir yang tepat sesuai dengan potensi yang dimilikinya
    Adapun tujuan tes kepribadian ini adalah untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap dirinya sendiri. Dengan menggunakan instrumen Myers-Birggs Type Indicator (MBTI), hasil tes ini menunjukkan profil mahasiswa, kelebihan dan kelemahannya. Profil mahasiwa akan terlihat dalam 4 hal yaitu dari sumber mendapatkan energi, informasi, pengambilan keputusan dan gaya hidup. Berdasarkan hasil tes tersebut, diberikan gambaran tentang bidang karir yang sesuai dengan kepribadian mahasiswa.  
    Kegiatan ini juga bermanfaat untuk lebih mengenali diri sendiri dan orang lain. Lebih penting lagi hasil tes ini dapat membuat peserta kemudian mempunyai agenda untuk mengambil secara bijaksana terkait dengan kepribadiannya. Kegiatan tes kepribadian ini menjadi agenda rutin untuk mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.  Dalam tahun 2019 progran tes kepribadian ini telah diikuti oleh 132 peserta baik dari kalangan mahasiswa, alumni, maupun masyarakat umum.

Dilihat 86 kali
Artikel Terkait
Link