Universitas Jenderal Soedirman Career Portal

UNSOED Career Portal
Thursday, 27 Jun 2024

Pembekalan Wisuda Universitas Jenderal Soedirman Periode Juni 2023

Pembekalan Alumni, Mahasiswa, dan Wisuda | 06 Juni 2023 15:00 wib

Pembekalan wisuda merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) guna membekali para calon alumni sebelum memasuki dunia kerja. Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan gambaran tentang tantangan dan tindakan yang akan dihadapi di masa depan. Pembekalan wisuda periode Juni 2023 diadakan pada Senin, 5 Juni 2023, di gedung Roedhiro UNSOED. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Karir dengan tema "Unleashing Potential Navigating The Future."

Tema "Unleashing Potential" dipilih untuk menyoroti pentingnya menggali dan membebaskan potensi yang ada dalam diri. Sedangkan tema "Navigating The Future" menggambarkan semangat penjelajahan, keberanian, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan yang akan datang.

Acara pembekalan wisuda terdiri dari beberapa susunan acara, termasuk sambutan dan pembagian materi oleh dua narasumber. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pusat Karir UNSOED, Ibu Dr. Ratna Setia Dewi. Dalam sambutannya, Ibu Ratna menyampaikan bahwa terdapat 183 calon wisudawan UNSOED yang mendaftar untuk periode Juni 2023, berasal dari berbagai fakultas di antaranya fakultas pertanian, biologi, peternakan, fikes, perikanan dan ilmu kelautan, ilmu budaya, fisip, fakultas ekonomi dan bisnis, dan fakultas hukum.

Selanjutnya, terdapat dua sesi dalam agenda pembekalan. Sesi pertama dipimpin oleh Bapak Marsanto S. Sos., MM, CPHCM, pendiri PT Dunia Jasa Global yang bergerak di bidang logistik terpadu, dan Bapak Heri Hendro Satriyo, SP dari PT Petrosida Gresik yang bergerak di bidang bioteknologi. Sesi ini dimoderatori oleh Ibu Ajeng Dian Purnama Sari, SPD, M.Or. Sedangkan sesi kedua dipimpin oleh Bapak Afik Hardamto, S.TP., M.Sc., Ph.D., seorang dosen teknik pertanian UNSOED, dan dimoderatori oleh Ibu Lalita Melasarianti, S.Pd., M.Pd.

Pada sesi pertama, Bapak Marsanto menyampaikan materi mengenai industri logistik. Beliau mengungkapkan bahwa industri logistik selalu dibutuhkan oleh masyarakat, dan sebagai calon alumni, penting untuk memahami kompetensi kunci dalam industri tersebut agar dapat menentukan arah dalam belajar. Para alumni juga diharapkan untuk mengembangkan kompetensi yang diperlukan dan mencari pengalaman praktis melalui magang.

Selanjutnya, Bapak Heri membawakan materi tentang cara membangun industri lokal dengan harga kompetitif agar dapat bersaing dengan produk luar negeri. Beliau juga berbagi tips mengenai meningkatkan pengalaman dan pengetahuan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Sesi kedua berfokus pada materi mengenai studi luar negeri yang dipresentasikan oleh Bapak Afik. Beliau menekankan pentingnya memilih universitas yang sesuai dengan passion serta mencari mentor untuk belajar.

Dalam perjalanan menuju kesuksesan, banyak rintangan dan kegagalan yang harus dihadapi. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Marsanto, "Ketika masih muda, cobalah mendapatkan banyak pengalaman. Lakukan proses secara bertahap, dan jangan membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang memiliki porsi dan nasibnya sendiri." Begitu pula dengan nasihat dari Bapak Heri, "Manfaatkan masa muda untuk belajar dan jangan takut gagal dalam mencoba. Habiskan waktu untuk belajar dan mengumpulkan pengalaman sehingga dapat menghubungkan diri dengan kesuksesan di masa depan."

Terakhir, Bapak Afik mengingatkan, "Meskipun memiliki pengetahuan tinggi, selalu ada yang lebih tinggi. Jagalah sikap rendah hati dan kesiapan untuk terus belajar dari siapapun."

Untuk menonton siaran langsung pembekalan wisuda UNSOED periode Juni 2023, dapat diakses melalui kanal YouTube Unsoed Career Center dengan mengklik tautan berikut: 


Dilihat 262 kali
Link