Universitas Jenderal Soedirman Career Portal

UNSOED Career Portal
Thursday, 04 Jul 2024

Sosialisasi Program MSIB Kampus Merdeka (Microcredential) Agustus 2021

Sosialisasi Program Kementrian dan BUMN | 30 Agustus 2021 11:00 wib

    Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (Microcredential) merupakan suatu inisiatif pemerintah dalam upaya menjembatani dan menjamin ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang memerlukan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta sesuai kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi kerja. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi negara dan bangsa dalam jangka waktu yang panjang.

    Acara Sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka dilaksanakan secara online melalui platform Zoom pada tanggal 29 Agustus 2021. Acara ini dihadiri oleh empat pemateri yang memiliki peran dan materi berbeda.

1. Moderator dan Pembicara: Ratri Noorhidayah S.T. Msc.
Ibu Ratri memberikan materi tambahan terkait cara mencari perusahaan yang sesuai dengan jurusan atau bidang minat bagi calon lamaran. 

2. Pemateri: Dr. Santi Dwi Astuti, STP., M.Si
Dr. Santi Dwi Astuti menjelaskan mengenai program MSIB Kampus Merdeka (Microcredential) secara mendetail.

3. Pemateri: Dr. Dwita Darmawati, S.E, M.Si
Dr. Dwita Darmawati menjelaskan tentang proses seleksi program Kampus Merdeka, yang mencakup administrasi, psikotes, tes kemampuan teknis, wawancara HR, User + LGD (optional), pemeriksaan kesehatan, dan wawancara dengan direksi. Untuk memilih program dengan bijaksana, peserta disarankan untuk menemukan passion, menentukan pilihan program MSIB, membangun personal brand, menyusun CV dengan baik, dan mempersiapkan diri untuk wawancara kerja.

4. Pemateri: Nur Chasanah S.Kom, M.Kom.
Nur Chasanah menjelaskan tata cara pendaftaran sebagai mahasiswa Kampus Merdeka. Prosedur pendaftaran meliputi kunjungan ke laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, mengklik tombol "masuk" dan "daftar," mengisi informasi akun dan kata sandi, memasukkan data yang diperlukan seperti perguruan tinggi, program studi, nomor induk mahasiswa, NIK, dan tanggal lahir. Data yang dimasukkan akan diverifikasi dengan data PDDIKTI untuk memastikan keabsahan akun. Setelah aktivasi, akun dapat digunakan untuk mengakses platform Kampus Merdeka.

Untuk melihat acara lebih lanjut dapat ditonton pada link video YouTube berikut

Dilihat 168 kali
Link