Universitas Jenderal Soedirman Career Portal

UNSOED Career Portal
Tuesday, 02 Jul 2024

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat 2022 Sesi 1 Sosialisasi PMMB BUMN – FHCI

Sosialisasi Program Kementrian dan BUMN | 18 Januari 2022 12:00 wib

    PMMB adalah program yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman bekerja di dunia industri BUMN selama enam bulan. Program ini bertujuan memberikan ilmu, relasi, dan pengalaman kerja yang dapat meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill mahasiswa.

    Program PMMB BUMN FHCI memiliki perbedaan dengan program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat), program Microcredential, dan program lainnya. Dalam PMMB BUMN FHCI, BUMN berperan dalam perancangan program dengan fasilitasi dari FHCI. Proses pendaftaran, pelaksanaan, dan seleksi program juga berbeda.

    Program PMMB terdiri dari dua jenis, yaitu program magang bersertifikat industri dan program magang bersertifikat kompetensi. Program magang bersertifikat industri memberikan sertifikat berdasarkan proyek yang dikerjakan oleh peserta. Sementara itu, program magang bersertifikat kompetensi akan melibatkan uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setelah peserta menyelesaikan magang BUMN sesuai dengan bidang yang ditekuni.

    Dalam sosialisasi tersebut, akan ada beberapa pemateri yang ahli di bidangnya, yaitu Dr. Santi Dwi Astuti, S.TP., M.Si, Ratri Noorhidayah, S.P., M.Sc., Dr. Ratna Stia Dewi, S.Si., M.Si, dan Dr. Zaroh Irayani, S.Si., M.Si. Serta Moh. Haikal selaku mahasiswa UNSOED dari jurusan Akuntansi yang memberikan pengalaman dan sharing terkait program PMMB. Para pemateri ini menyampaikan materi-materi yang relevan:

1. Dr. Santi Dwi Astuti, STP., M.Si., menjelaskan materi terkait Porgram PMMB BUMN FHCI.

2. Ratri Noorhidayah S.T. Msc., menyampaikan materi tentang alur pelaksanaan PMMB dan menjelaskan mengenai data PMMB tahun 2021.

3. Nur Chasanah S.Kom, M.Kom., membawakan materi terkait profile perusahaan perusahaan BUMN.

4. Dr. Dwita Darmawati, SE, M.Si. yang membawakan materi bagaimana menyusun CV.

5. Teguh Jati Prasetyo, S.Gz, M.Si., menjelaskan tentang tips sukses wawancara.

6. Dr. Zaroh Irayani S.Si, M.Si., yang menyampaikan terkait konversi SKS untuk non pertukaran pelajar.

Untuk mengetahui program sosialisasi PMMB 2021 dapat ditonton melalui kanal YouTube Soedirman Career Center atau bisa mengakses link YouTube berikut:

Dilihat 180 kali
Link